Monday, September 14, 2009

Ben Bernanke : Penerus Pucuk Dunia 1

http://forum.masterforex.org



Ben bernanke. Tdak ada seorangpun yang mengenalnya ketika Allan Greenspan berlangsung. Namanya baru mencuat ketika masa jabatan Greenspan hampir berakhir. Tiba-tiba saja dia dikenal publik sebagai suksesor seorang legenda The Fed yang telah satu dekade memegang tampuk institusu keuangan milik pemerintah yang paling krusial diseluruh dunia. Kini dia menjabat sebagai Gubernur bank Sentral Amerika alias The Fed. Siapakah ben bernanke itu?
Masa Kecil

Bernanke dilahirkan di Augusta, georgia pada taanggal 13 Desember 1953 dan dibesarkan di Dillon, South Carolina sebagai anak tertua dari tiga bersaudara yaitu saudara laki-laki dan perempuan. Phillip, ayah ben adalah seorang ahli obat dan juga bekerja sambilan sebagai manajer teater, sedangkan Edna, ibunya adalah seorang guru sekolah. Keluargaben kecil tinggal di daerah Yahudi, dengan nama lokal sinagognya bernama Ohav Shalom; sebagai anak, Bernanke juga mempelajari bahasa Ibrani dari kakeknya, jonas, seorang pembaca Kitab taurat dan guru bahasa Ibrani Profesional. Ayah dan paman Ben adalah eks-pemilik sekaligus manager toko obat yang mereka beli dari kakek ben, Jonas yang berimigrasi dari Austria ke AS setelah Perang Dunia I dan akhirnya menetap ke Dillon dari New York pada tahun 1940.



Masa Sekolah

Ben masuk ke East Elementary (sekolah dasar), J.V. Martin Junior High (SMP), dan Dillon High School (SMA). Di Dillon High School dia menjadi seorang murid yang berprestasi. Dia mengambil bidang ilmu kalkulus, menjadi editor koran sekolah, mendapatkan nilai tertinggi dikelasnya dan juga mendapat score tertinggi dalam ujian SAT pada tahun yang sama yaitu 1590 dari skala 1600. Ben juga dikenal sebagai pemain Saxophone dan bergabung dalam tim marching band di sekolahnya.


Karir

Setelah lulus SMA pada tahun 1970, Ben diterima di Universitas Harvard, tempat dimana dia mendapatkan nilai cum laude (IPK tertinggi) dengan gelar BA Ekonomi pada tahun 1975. Setelah itu dia melanjutkan pendidikannya di Massachusetts Institute of Technology dan mendpaatkan gelar PhD bidang ekonomi tahun 1979. Setelahitu dia melanjutkan lagi pendidikan ke Stanford Graduate School of Business dari tahun 1979-1985, lalu menjadi profesor tamu di new York university dan menjabat sebagai profesor of Pronceton pada jurusan Ekonomi. Dia menjadi profesor di universitas tersebut dari tahun 1996 hingga bulan September 202, ketika dia mulai mempertimbangkan untuk menjadi pelayan masyarakat. Dia mengaukan pengunduran diri di masa jabatannya pada tanggal 1 Juli 2005. Sepanjang karirnya, Ben juga sempat mengajar kuliah di London School of Economics untuk bidang ilmu & kebijakan moneter. Dia juga menulis tiga buah buku teks tentang Makroekonomi dan ebuah buku tentang Mikroekonomi. Setelah itu Ben juga menjabat sebagai direktur dari Program Ekonomi Moneter dari National Bureau of Economic Research dan editor pada majalah American Economis Review.

No comments:

Post a Comment