Monday, September 14, 2009

Sembilan Langkah Trader Sukses

http://traderindonesia.com/

sukses1jpgUntuk semua angka, grafik dan rasio, perdagangan lebih ke arah seni daripada ilmu. Sebagai usaha dalam seni, ada bakat yang terlibat, namun bakat hanya akan membawa Anda sejauh ini. Trader yang terbaik mengasah kemampuan mereka melalui latihan dan disiplin. Mereka melakukan analisa sendiri untuk melihat apa tujuan perdagangan mereka dan mempelajari bagaimana untuk tetap takut dan tidak serakah. Pada artikel ini kita akan melihat sembilan langkah yang dapat digunakan untuk menyempurnakan keahlian, Anda mungkin hanya menemukan beberapa tips yang akan membantu Anda menjadi lebih pintar dan lebih untung.

Langkah 1. Menetapkan tujuan dan kemudian memilih gaya trading yang sesuai. Pastikan kepribadian Anda cocok untuk gaya trading yang Anda pilih.

Sebelum memulai perjalanan, sangat penting bahwa Anda memiliki beberapa ide untuk tujuan Anda dan bagaimana Anda akan sampai disana. Akibatnya, sangat penting untuk Anda memiliki tujuan yang jelas dan bagaimana cara mencapainya, Anda harus yakin bahwa metode trading tersebut mampu mencapai tujuan. Setiap jenis gaya trading memerlukan penyesuaian yang berbeda dan masing-masing gaya memiliki profil resiko yang berbeda untuk perdagangan yang berhasil. Misalnya, jika Anda tidak dapat tidur nyenyak dengan open posisi pada pasar maka Anda sebaiknya mempertimbangkan waktu perdagangan. Di sisi lain, jika Anda memiliki dana yang menurut Anda akan mendapat keuntungan dari pengetahuan perdagangan selama beberapa bulan, maka pertimbangkan posisi perdagangan yang Anda inginkan. Tidak peduli apa gaya trading yang Anda pilih, pastikan bahwa kepribadian Anda sesuai dengan gaya Anda melakukan perdagangan. Kepribadian yang tidak sesuai akan mengakibatkan stres dan kerugian.

Langkah 2. Memilih broker yang memiliki platform trading yang tepat untuk Anda.

Penting untuk memilih broker yang menawarkan platform trading yang memungkinkan Anda untuk melakukan analisa. Memilih reputasi broker adalah sesuatu hal yang terpenting dan membuang waktu untuk meneliti perbedaan diantara broker akan sangat membantu. Anda harus mengetahui kebijakan masing-masing broker dan bagaimana ia berjalan terhadap pasar. Misalnya, dalam perdagangan over the counter market atau spot market berbeda dengan perdagangan exchange. Dalam memilih broker, sangat penting untuk membaca dokumentasi broker. Ketahuilah kebijakan broker. Juga pastikan platform trading cocok sesuai untuk analisa yang ingin Anda lakukan. Misalnya, jika Anda ingin melakukan trading dari angka fibonacci, pastikan platform broker dapat menggambar garis fibonacci. Broker yang bagus dengan platform miskin atau platform yang bagus dengan broker miskin, bisa menjadi masalah. Pastikan Anda mendapatkan yang terbaik dari keduanya.

Langkah 3. Memilih metode dan konsisten pada penggunaannya.

Sebelum Anda memasuki pasar sebagai trader, Anda harus memiliki beberapa ide mengenai bagaimana Anda akan membuat keputusan untuk melaksanakan perdagangan. Anda harus mengetahui informasi apa yang akan Anda perlukan untuk membuat keputusan yang tepat ketika akan masuk atau keluar pasar. Sebagian orang memilih untuk melihat Fundamental perusahaan atau ekonomi, dan kemudian menggunakan grafik untuk menentukan waktu terbaik melakukan perdagangan. Cara lain adalah dengan menggunakan Teknik Analisis, mereka hanya akan menggunakan grafik untuk memasuki perdagangan. Perlu diingat bahwa Fundamental akan menunjukkan trend untuk jangka panjang, sedangkan acuan grafik lebih menawarkan kesempatan dalam jangka pendek. Metodologi manapun yang Anda pilih, harus ingat untuk konsisten. Dan pastikan metodologi Anda adaptif. Sistem Anda harus dapat bersaing dengan perubahan dinamika pasar.

Langkah 4. Memilih analisa jangka panjang dan waktu tercepat untuk keluar atau masuk posisi.

Banyak trader menjadi bingung karena konflik informasi ketika melihat grafik yang berbeda dalam waktu yang telah ditetapkan. Apa yang ditampilkan sebagai kesempatan beli pada grafik weekly, kenyataannya muncul sebagai sinyal jual pada grafik intraday. Karena itu, jika Anda mengambil arah perdagangan pada grafik weekly dan menggunakan grafik daily, jangan lupa untuk menyinkronkan keduanya. Dengan kata lain, jika grafik weekly memberikan sinyal beli, tunggu grafik daily juga memberikan konfirmasi sinyal beli.

Langkah 5. Menghitung Ekspektasi.

Ekspektasi adalah formula yang digunakan untuk menentukan seberapa handal sistem anda. Anda harus kembali mengukur semua perdagangan yang menang, versus semua perdagangan yang rugi. Kemudian tentukan berapa keuntungan dari perdagangan yang menang, versus berapa banyak kerugian pada perdagangan yang kalah.

Perhatikan 10 perdagangan terakhir. Jika Anda belum melakukan perdagangan yang sebenarnya, kembali pada grafik dimana sistem Anda akan mengindikasikan bahwa Anda harus masuk dan keluar pada perdagangan. Tentukan apakah Anda akan membuat keuntungan atau kerugian. Total semua perdagangan yang menang dibagi dengan jumlah perdagangan yang Anda buat.

E= [1+ (W/L)] x P – 1

W = Rata-rata keuntungan
L = Rata-rata kerugian
P = Persentase rasio keuntungan

Contoh:
Jika Anda melakukan 10 perdagangan, 6 perdagangan menang dan 4 perdagangan kalah, maka persentase rasio menjadi 6/10 atau 60%. Jika 6 perdagangan tersebut menghasilkan $2400, maka keuntungan rata-rata $2400/6 = $400. Jika kerugian $1200, maka kerugian rata-rata $1200/4 = $300. Terapkan hasil tersebut pada rumus, E = [1 + (400/300)] x 0.6 - 1 = 0,40 atau 40%. Ekspektasi positif 40% berarti bahwa sistem anda akan menghasilkan 40 sen per dolar.

Langkah 6. Fokus pada trading dan memilih kerugian kecil.

Setelah Anda mengisi dana pada account Anda, yang paling penting untuk diingat adalah bahwa uang Anda telah masuk ke dalam resiko. Oleh karena itu, uang Anda seharusnya tidak dibutuhkan untuk biaya hidup ataupun untuk membayar tagihan dll. Pertimbangkan bahwa uang dalam perdagangan Anda sebagai uang untuk liburan. Pada liburan yang dapat menghabiskan uang Anda, milikilah sikap yang sama terhadap perdagangan. Psikologis ini akan mempersiapkan Anda untuk menerima kerugian kecil, yang merupakan kunci untuk mengelola risiko Anda. Dengan berfokus pada perdagangan dan menerima kerugian kecil daripada terus menghitung ekuitas Anda, Anda akan berpeluang lebih sukses.

Kedua, naikkan margin Anda untuk resiko maksimum 2% dari total dana. Dengan kata lain, jika anda memiliki $10.000 dalam rekening perdagangan, jangan pernah membiarkan kerugian melebihi 2% dari nilai dana, atau $ 200. Jika sewaktu Anda berhenti telah melebihi 2% dari nilai dana, maka lakukan perdagangan untuk short term atau mengurangi level margin.

Langkah 7. Membangun feedback positif.

Positif feedback dibuat sebagai hasil yang baik untuk menjalankan perdagangan sesuai dengan rencana Anda. Bila Anda merencanakan perdagangan dan kemudian jalankan dengan baik, maka Anda telah membentuk sebuah pola feedback positif. Perkembangan dana yang sukses adalah perkembangan yang penuh keyakinan, terutama pada saat perdagangan mendapat profit. Meskipun Anda mengambil kerugian kecil tetapi melakukannya sesuai dengan perdagangan yang direncanakan, maka Anda akan membangun feedback positif.

Langkah 8. Melakukan analisa akhir minggu.

Ini adalah hal yang terbaik yang perlu dipersiapkan. Pada akhir minggu, ketika pasar ditutup, lakukan analisa pada grafik weekly untuk melihat pola atau berita yang dapat memberikan pengaruh pada perdagangan Anda. Barangkali pola yang terbentuk membuat pola double-top dan berita diperkirakan akan membuat pasar reversal. Ini adalah reflexivity dimana pola pergerakan memberikan signal, yang merupakan tindakan untuk membantu Anda merencanakan perdagangan minggu mendatang.

Belajarlah untuk bersabar jika pergerakan tidak mencapai poin yang diharapkan untuk masuk pasar. Anda mungkin harus menunggu kesempatan lebih lama untuk antisipasi. Jika Anda melewatkan suatu perdagangan, ingatlah bahwa akan selalu ada kesempatan yang lain. Jika Anda memiliki kesabaran dan disiplin, maka Anda bisa menjadi trader yang baik.

Langkah 9. Menyimpan catatan

Menyimpan catatan perdagangan adalah alat belajar terbaik yang dapat dilakukan seorang trader, termasuk grafik, alasan masuk perdagangan dan data fundamental yang memberikan keputusan. Tandai grafik ketika posisi masuk atau keluar pasar. Buat komentar apapun pada grafik. Jadikan data ini sebagai file sehingga dapat menjadi acuan sewaktu-waktu. Catatan ini akan membangun mental dan disiplin Anda untuk menjalankan perdagangan sesuai dengan system dan bukan kebiasaan.

Kesimpulan

Langkah-langkah di atas akan membawa Anda ke sebuah pendekatan struktur dan akan membantu Anda menjadi trader yang lebih baik. Perdagangan adalah seni dan satu-satunya cara untuk menjadi semakin ahli adalah dengan latihan disiplin dan konsisten. Ingat ungkapan: belajar keras akan mendapatkan keberuntungan.

No comments:

Post a Comment